Empat Faktor Penting yang Mempengaruhi SEO di Tahun 2017, Menurut Studi SEO

Pada tahun 2017 ini, Google terus merubah algoritma-nya dan tetap akan terus berubah dari waktu ke waktu. Kita tidak bisa hanya mengandalkan faktor peringkat yang ada pada tahun 2016 sebelumnya. Kita harus tetap melangkah maju. Oleh sebab itu, ada empat faktor peringkat pada studi terbaru oleh SearchMetrics, Backlinko, dan SEO PowerSuite yang saya lihat dari Search Engine Journal dalam bahasa inggris.

Mari simak apa saja empat hal tersebut yang mempengaruhi faktor SEO di tahun 2017:

1. Konten

Menurut Andrey Lipattsev (Search Quality Senior Strategist di Google), Konten merupakan salah satu faktor peringkat yang penting di Google.Tidak heran lagi bahwa konten sekarang ini telah menjadi faktor penting peringkat Google untuk sementara, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini, kami telah tmelihat pergeseran dari konten kata kunci fokus kepada konten yang lebih relevan yang ditulus dalam bahasa alami. Berharap untuk melihat yang lebih dari itu di tahun 2017 ini.

Pada kenyataanya, studi yang dilakukan oleh SearchMetrics hanya menemukan 53% dari 20 queries yang memiliki kata kunci dalam tag judul mereka, dan kurang dari 40% dari halaman arahan (landing pages) yang memiliki kata kunci dalam H1 mereka. Jumlah ini terus turun dari tahun ke tahun yang jelas menunjukkan bahwa Google mengevaluasi konten sesuai dengan relevansi bukan oleh masuknya kata kunci.

Jadi seperti apa sebenarnya konten yang “relevan itu terlihat? Jawaban singkatnya adalah: komprehensif.

Anggap saja kata kunci teratas yang muncul di Google pada saat anda mengetik “Wardah Kosmetik”

wardah

Artikel Dekosmetik kurang lebih terdiri dari 2000 kata, dan itu mencakup segala sesuatu mengenai Kosmetik Wardah seperti harga produk terbaru, penjelasan produk dan faktor-faktor lain yang mendukung. Itu menyangkut segala sesuatu yang anda ingin ketahui mengenai kosmetik wardah.

Hal ini mendukung apa yang Backlinko temukan sesuai dengan pencarian Semantic. Update algoritma seperti Hummingbird & RankBrain membuat relevansi yang semantik dan optimasi., yang berarti dalam pemeriksaan suatu topik yang mendalam dengan bahasa yang mudah dimengerti akan mengalahkan omong kosong yang padat.

Backlinko juga menemukan bahwa konten yang mempunyai lebih banyak kata-kata atau yang berdurasi panjang akan memiliki peringkat yang lebih baik dibandingkan konten yang bentuknya singkat. Kemungkinan ini karena konten dapat menentukan subjeknya dengan lebih detail. Menurut SearchMetrics yang menemukan bahwa konten di ponsel handphone biasanya hanya 2/3 panjangnya dari konten yang dibuka dengan komputer/laptop, dan penggunaan mobile hp yang semakin meningkat.

Bagaimana Cara Untuk Mengoptimasi?

Konten mempengaruhi berbagai faktor peringkat lainnya seperti tingkat bouncing (bounce rate) dan Rasio Klik Tayangan (RKT/CTR). Untuk hasil terbaik pastikan konten anda bersifat komprehensif dan relevan dengan pengunjung / audiens anda.

Direkomendasikan untuk menggunakan software konten editing untuk:

  • Menemukan dan memperbaiki konten yang singkat/sedikit
  • Mengulas topik yang lebih sedikit secara dalam & terperinci di setiap halaman
  • Meningkatkan Topikal Authority dalam niche anda.

2. Backlinks

Bagaimanapun Backlink tetap menjadi faktor peringkat yang penting di Google. Dalam bertahun-tahun seiring dengan perkembangan update algoritma Google, Google telah mulai menyingkirkan link buruk dan meninggalkan link yang baik atau bermutu. Link lebih banyak akan menghasilkan skor yang lebih tinggi, tetapi harus link dari beragam domain dan link yang berautoritas.

Kunci untuk membangun link yang bagus pada tahun 2017 adalah dengan membuat konten yang orang-orang dambakan dan kemudian konten tersebut dipromosikan tanpa henti. Ketika otoritas industri lain membaca dan menaruh link ke konten anda, maka Google akan membaca backlink anda dengan pencocokan anchor text dan mempertimbangkan konten anda lebih relevan.

Ketika konten anda mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi seperti tiga (3) faktor penting dalam sinyal ranking: jumlah backlink, link authority (otoritas link), dan link diversity (keberagaman link).

Perhatikan juga bahwa salah satu peran utama dari sinyal social dapa membantu untuk memenangkan backlink yang lebih berkualitas tinggi. SearchMetrics menemukan bahwa peringkat posisi dan sinyal sosial sangat kuat berkorelasi di semua saluran media sosial meskipun Facebook masih merupakan platform dengan pengguna interaksi tertinggi.

Bagaimana Cara Untuk Mengoptimasi?

Banyak cara untuk membangun backlink, tetapi semuanya menuju ke pemasaran konten. Langkah pertama: Buat konten berkualitas tinggi. Langkah kedua: Promosikan.

Disarankan untuk anda menggunakan software link auditing untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik mengenai profile link. Gunakan software untuk:

  • Memantau beberapa link ke konten anda yang memiliki kualitas bagus
  • Menjangkau partner mitra yang memiliki backlink berkualitas tinggi
  • Menghilangkan link spam dan link berkualitas rendah. Biarkan link buruk tersebut apabila anda tidak bisa menghilangkannya.

3. Mobile-First User Experience

Salah satu perubahan terbesar yang dapat kita lihat di tahun 2016 adalah pergeseran Google mengenai pengindeksan ponsel (Mobile First). Ini menunjukkan bahwa Google akan mengutamakan perangkat versi mobile daripada desktop.

Optimasi mobile (Mobile Optimization) merupakan salah satu faktor penting yang menentukan peringat ranking (ranking faktor). 100 domain top di atas memiliki mobile-friendly solution, menurut SearchMetrics.

Pada tahun 2017, hal ini akan menjadi lebih penting bahwa konten yang anda buat harus responsif pada semua platform mobile dan identik dengan konten situs desktop. Mobile-friendly sekarang menjadi sebuah aturan dan dengan 85% seluruh website memenuhi kriteria Google untuk menjadi mobile-friendly. Ini adalah saatnya untuk meningkatkan website dengan mengutamakan optimasi ponsel, bukan hanya mobile-friendly.

Menurut Google, jika anda dalam sebuah proses membangun sebuah versi mobile (ponsel) di website anda, jangan diluncurkan sebelum itu selesai. Meluncurkan versi mobile sebuah website sebelum ia selesai dapat berdampak pada ranking web anda. Lebih baik menjaga website anda pada versi desktop dulu sampai versi mobile website anda selesai.

Kecepatan halaman merupakan faktor penting lainnya yang mempengaruhi peringkat yang berkaitan dengan user experince (UX) yang baik dalam sebuah website. Situs versi dekstop seharusnya dimuat dalam waktu 3 detik atau kurang dari 3 detik, sementara untuk situs versi mobile seharusnya dimuat dalam 2 detik atau kurang menurut SearchMetrics.

Bagaimana Cara Untuk Mengoptimasi?

  • Gunakan Google Search Console untuk menambah dan memverifikasi versi mobile dari situs anda.
  • Gunakan Structured Data Testing Tool untuk memastikan bahwa markup website anda tersedia untuk desktop dan tampilan mobile.
  • Pastikan bahwa situs mobile anda dapat diakses untuk Googlebot dengan menggunakan txt testing tool.
  • Ujilah kecepatan website anda dengan PageSpeed Insights. Apabila situs halaman anda lambat, gunakan software auditing untuk mencari dan memperbaiki konten yang belum di compress, halaman error, dan elemen lain yang membuat website anda menjadi lambat.

4. Faktor Teknikal Lainnya

Banyak faktor teknis lainnya mungkin memainkan peran besar dalam peringkat website anda. Faktor-faktor ini meliputi:

Encryption (Enkripsi): Backlinko masih menemukan korelasi yang kuat antara HTTPS Website dan peringkat halaman pertama Google, SearchMetrics menegaskan bahwa 45% dari top website menggunakan HTTPS enkripsi (naik dari 12% di tahun 2015). Google menegaskan di tahun 2014 bahwa menggunakan enkripsi HTTPS akan meningkatkan peringkat lebih baik dibanding dengan HTTP. Sekarang website yang belum beralih ke HTTPS ditandai tidak aman oleh Google.

Heading H1 dan H2. Banyak laman landas (landing page) website menggunakan tag H1 dan H2 di dalam source code tahun ini. Searchmetrics menemukan korelasi yang kuat setidaknya menggunakan satu tag H2 mendapat peringkat lebih tinggi.

Anchor Text: Menggunakan anchor text masih memiliki pengaruh yang kuat pada peringkat, tetapi anda akan berisiko terkena penalti dari Google Penguin jika link anda muncul tidak wajar atau spam. Pastikan bahwa backlink anchor text anda beragam dan organik.

Interstitials (perantara): Sesuai dengan penekanan Google dalam pengoptimasian versi mobile pada 10 January 2017, mereka telah menindak lanjuti interstitial pop-up yang mengganggu. Ini berarti bahwa setiap halaman dengan iklan atau CTA yang mencakup konten utama atau whisks setelah di klik muncul ke halaman iklan mungkin menderita pinalti. Pengecualian ini termasuk dialog login, spanduk kecil yang mudah untuk diabaikan, dan interstitial legal yang diperlukan secara hukum.

Kesimpulan

SEO merupakan sebuah industri yang terus berkembang dari masa ke masa. Dalam beberapa tahun terakhir saja kita sudah melihat Google membuat dorongan untuk konten yang bagus, link berkualitas, dan mobile experience yang sempurna. Faktor peringkat lainnya juga memiliki peranan penting dan akan memainkan peran dalam peringkat web anda, tetapi apabila anda hanya memprioritaskan untuk meningkatkan elemen dari web anda yang berhubungan dengan faktor ini, maka anda akan keluar dari persaingan. Intinya adalah anda harus terus mencari dan mengoptimasi website anda dari waktu ke waktu untuk mengikuti perkembangan yang ada, kalau tidak dilakukan maka website anda kemungkinan akan ketinggalan dari yang lainnya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s