Manakah Yang Lebih Baik: Google AdWords Atau Facebook Advertising?

Iklan Facebook (Facebook ADs) & Google AdWords keduanya merupakan iklan berbayar yang layak menjadi pilihan tergantung pada tujuan anda dan anggaran pemasaran perusahaan yang anda miliki.

Jadi banyak sekali diskusi antara Facebook Ads & Google AdWords di ruang media berbayar. Sederhananya tidak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan begitu cepat dari tahun ke tahun.

Menurut Forbes, dalam tahun 2016, Facebook mengalami peningkatan periklanan sekitar 50% dan mencapai 3 juta pengiklan. Akun Facebook sekitar 65% menghabiskan sekitar 36 triliun tahun ini. Kenapa perkembangan ini sangat cepat? Ini adalah karena faktor penargetan platform, pertumbuhan mobile, dan juga pertumbuhan pengguna yang terlibat.

Google mengalami peningkatan 17% dari pendapatannya lebih dari setahun ini jika dibandingkan dengan tahun 2014-2015 menurut AdAge. Pertumbuhan pendapatan untuk iklan AdWords terutama dari pertumbuhan mobile, belanja dan format iklan lainnya.

Jadi apabila anda disuruh memilik antara salah satu, manakah yang akan anda pilih? Sebagai catatan apabila berbicara tentang Google AdWords maka akan berbicara tentang pencarian produk mereka. Menurut sumber yang saya ambil adalah dari sini.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan iklan terbaik yang dapat digunakan untuk perusahaan atau organisasi anda. Simak beberapa faktor berikut ini:

Budget Digital Advertising & Cost Per Click (CPC) Rata Rata

Dalam kebanyakan kasus, Google AdWords memiliki biaya lebih tinggi untuk Cost Per Click (CPC) dibandingkan dengan iklan Facebook. Menurut AdEspresso, rata-rata CPC (Biaya Per Klik) untuk Facebook Ads di Amerika adalah sekitar $ 0,28 pada tahun 2016, sedangkan pencarian Google Adwords memiliki CPC rata-rata sekitar $ 2,32 menurut WordStream. Oleh karena itu, iklan Faceook sekitar 88% lebih murah daripada AdWords pada tahun 2016. Jadi jika anda memiliki budget untuk anggaran iklan bulanan yang sangat kecil, akan lebih menguntungkan apabila menjalankan iklan Facebook karena sangat memungkinkan untuk anda mendapatkan lebih banyak pemasukan.

Memang, ada sebagian kecil kejadian langka dimana anda dapat menggunakan AdWords dengan anggaran yang lebih kecil, tetapi kadang-kadang pengiklan yang tidak punya anggaran cukup besar bersaing di AdWords akan melihat hasil yang lebih baik (klik dan konversi) jika menggunakan iklan Facebook.

Perusahaan Anda & Saingan Anda

Poin pertama yang harus anda pertimbangkan di industri bisnis anda adalah pesaing anda ketika anda mencoba untuk membuat keputusan. Ada beberapa industri atau sub-industri yang menargetkan CPC (BPK) yang mahal yang dilihat dari perspektif CPC. Sebagai contoh, jika anda ingin mengiklankan beberapa keywords (kata kunci) di Google tetapi anda tidak mempunyai budget yang tinggi, mungkin anda harus mempertimbangkan ulang. Saya tidak memprovokasi anda untuk tidak menggunakan AdWrds, tetapi harapan menggunakan iklan Facebook mungkin menjadi alternatif pilihan yang lebih terjangkau untuk banyak industri.

Tentukan Tujuan Iklan Anda

Setelah anda menentukan kemampuan budget perusahaan anda dan anda telah mempertimbangkan industri dan kompetisi, maka anda harus mempertimbangkan apa yang ingin anda capai atau harapkan dari inisiatif pemasaran ini. Jika tujuan anda adalah untuk meningkatkan kesadaran brand (Brand Awereness) atau permintaan, iklan Facebook akan menjadi pilihan terbaik. Namun, jika anda mencari penjualan (sales) atau arahan/demand (permintaan capture), maka AdWords mungkin menjadi pilihan terbaik. Dengan AdWords, seoarang pengguna mencari apa yang perusahaan anda jual. Oleh karena itu, niat membeli mereka lebih tunggi. Akan tetapi anda mungkin harus mempertimbangkan biaya keseluruhan, dimana cost per conversions dari iklan Facebook lebih murah dari AdWords.

Memahami Perjalanan Calon Pembeli Anda

Memahami dimana perjalanan pembeli akan membantu anda memutuskan iklan mana yang lebih berpengaruh. Jika anda ingin menangkap pengguna yang mau membeli produk atau jasa, maka Google Adwords menjadi pilihan yang tepat karena tingginya niat dari pengguna anda. Apabila anda memutuskan ingin membuat lebih banyak kesadaran brand anda (brand awereness) atau pertimbangan untuk penawaran anda, maka iklan Facebook dapat membantu anda menargetkan orang-orang dengan kebutuhan saat ini atau yang tidak mengetahui produk dan layanan anda. Ini adalah bagaimana kedua saluran ini dapat saling melengkapi dan mendorong pertumbuhan pertumbuhan anda.

Total Jumlah Penelusuran Pada Produk/Jasa Layanan Anda

Hal yang satu ini agak diabaikan. Apabila perusahaan atau organisasi anda memiliki produk atau layanan baru dan sangat sedikit atau tidak ada volume pencariannya sama sekali, maka Google AdWords (pencarian berbayar) kemungkinan besar tidak akan menghasilkan banyak trafik dan tidak mungkin untuk dilakukan. Sebelum anda mengesampingkan AdWords sepenuhnya, anda dapat mempertimbangkan penawaran (bidding) pada serangkaian kata kunci yang menjelaskan masalah atau layanan yang dapat membantu calon pembeli anda. Saran saya adalah menguji penawaran pada kata kunci yang mendukung atau dapat menyelesaikan masalah dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Sebagai contoh apabila kita mengetik “menambah nafsu makan anak”, maka iklan yang muncul adalah iklan yang dapat membantu kita untuk menyelesaikan masalah yang terjadi atau membantu kita mencari solusi dari kata kunci di atas.

menambah-nafsu-makan-anak

Dalam banyak kasus, lebih disarankan untuk memulai dengan iklan Facebook untuk menghasilkan atau menciptakan kesadaran (awareness) akan produk atau layanan anda, jelaskan bahwa produk atau layanan anda dapat memberi jalan keluar dari keluhan calon pembeli dan kembangkan pengenalan merek/brand anda. Lalu anda akan menghasilkan permintaan untuk membuat anda siap menjadi lebih sukses ketika telah waktunya menggunakan Google AdWords.

Produk Atau Jasa Layanan Yang Sensitif

Sederhananya, ada kasus di mana mungkin ada satu iklan lebih cocok dengan satu platform dibandingkan yang lainnya. Jika pembelian produk sangat kuat berkaitan dengan peristiwa kehidupan tertentu, maka iklan Facebook kemungkinan besar menjadi pilihan terbaik. Iklan Facebook memiliki emampuan untuk menargetkan berdasarkan peristiwa yang mengubah hidup. Misalnya, seperti menargetkan orang-orang yang baru mempunyai bayi atau menargetkan orang-orang yang telah berumur 65 tahun ke atas. Semuanya dapat ditargetkan apabila anda beriklan menggunakan Facebook Ads.Di sisi lain, produk atau layanan yang menawarkan untuk pengguna lebih besar mungkin lebih baik diiklankan di Google AdWords.

Brand Recognition (Pengakuan Merek)

Mungkin hal yang satu ini tidak sepenting faktor yang lainnya, tetapi perlu dicatat beberapa poin di atas. Jika anda adalah perusahaan baru, kemungkinan anda akan kurang berhasil di dalam pencarian dibandingkan dengan perusahaan yang sudah lama didirikan atau matang. Mengapa? karena dalam hal ini, pesaing anda memiliki lebih banyak pengakuan merek (Brand Recognition) & merek loyalis (Brand Loyalist). Kemungkinan ketika salah satu pengguna melihat iklan anda dan iklan pesaing anda, maka kemungkinan besar mereka akan mengklik iklan pesaing anda karena beberapa faktor di atas. Larry Kim menulis tentang konsep afinitas merek yang berkaitan dengan wawasan yang besar didukung oleh data.Pastikan anda mempertimbangkan posisi perusahaan anda di pasar. Anda juga mungkin hanya perlu membangun reputasi merek (brand) anda terlebih dahulu melalui iklan Facebook sebelum pindah ke Google AdWords untuk meningkatkan peluang keberhasilan anda.

Untuk lebih singkatnya anda bisa melihat sebuah tabel di bawah ini untuk membantu anda mempertimbangkan untuk menggunakan Facebook ADs atau Google AdWords untuk beriklan.

facebook-ads-vs-google-adwords
Sumber dari Search Engine Journal

Kesimpulan

Setelah membaca beberapa poin diatas. Anda dapat melihat bahwa tidak ada satu ukuran pun yang cocok untuk semuanya. Ketika anda memutuskan untuk menggunakan Facebook ADs atau Google AdWords untuk perusahaan anda, terlebih dahulu anda harus memahami apa yang ingin anda capai dan anda cari dari investasi anda dan anggaran budget pemasaran yang tersedia.Ini adalah dua faktor yang paling penting ketika anda mempertimbangkan saluran mana yang terbaik. Faktor lainnya juga penting dan harus membantu anda untuk mendukung keputusan yang terbaik untuk perusahaan atau brand anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s