Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas 2017

Backlink merupakan salah satu faktor yang paling mempengaruhi website anda agar mendapatkan domain authority yang bagus. Untuk beberapa yang menggunakan taktik Black Hat SEO, link penalti, link buruk masih menjadi masalah besar. Para ahli juga setuju bahwa fitur level link domain (domain-level link features) dan fitur level link halaman (page-level link features) merupakan faktor yang sangat mempengaruhi sebuah ranking website. Mari simak beberapa trik untuk mendapatkan backlink yang berkualitas di tahun 2017 ini.

Menurut Neil Patel dalam tulisannya di SearchEngineJournal bahwa backlinks memberikan link authority, trafik, dan juga pendapatan. Berikut adalah beberapa tips dari beliau untuk mendapatkan backlink yang aman dan totalnya hanyalah empat. Dan mengapa hanya empat? Karena semua orang bisa melakukannya termasuk anda. Hanya dengan sedikit backlnk yang berkualitas walaupun jumlahnya cuma empat anda dapat meningkatkan ranking website anda, menaikkan otoritas website, dan membuat website anda naik di peringkat halaman Google.

Mencari Influencer dan Meminta Sebuah Link

Meminta link dari seorang influencer atau orang yang berpengaruh dalam postingan blog yang berhubungan dengan yang anda tulis. Mungkin cara ini kedengarannya aneh dan agak tidak masuk akal bukan?. Atau karena hal ini agak sulit dilakukan karena anda tidak memiliki hubungan pribadi dengan influencer tersebut.

Influencer merupakan kepribadian yang diakui dalam niche anda. Misalnya seperti artis Agnes Monica yang menggeluti bidang fitnes dan menjaga keseimbangan berat badannya. Ketika ia mengatakan sesuatu, melakukan sesuatu ataupun merekomendasikan sesuatu maka kemungkinan besar apa yang dia katakan akan mendapatkan perhatian dan skor popularitas.

Pemasaran menggunakan influencer sering dilakukan dalam media sosial. Seperti contoh artis-artis yang menerima endorse melalui instagram. Mereka menggunakan produk-produk tertentu seperti sepatu atau tas. Tas atau sepatu tersebut habis terjual dalam waktu satu minggu saja.

Influencer Marketing memiliki berbagai metode, salah satu yang paling kuat adalah link creation (penciptaan link). Konsep dibalik ini adalah untuk menjangkau influencer dan meminta link ke blog anda.

Jadi bagaimana caranya? cara yang paling efektif adalah menyebutkan nama influencer dalam artikel anda dan link ke kontennya. Sebuah contoh yang simple adalah dengan menggunakan Twitter dengan Direct Message atau email yang dapat dibuat seperti ini:

Hi Jenny, Saya mention salah satu artikel anda yang bagus dalam blog saya. Bersediakah anda untuk membagikan tulisan di blog saya ke followers anda?

Semakin baik hubungan anda dengan influencer, maka semakin tinggi juga peluang anda dalam mendapatkan social share, backlink dan shoutout.

Direkomendasikan untuk menargetkan beberapa influencer dengan beberapa jenis permintaan. Semakin banyak orang yang anda minta, maka semakin besar peluang anda untuk sukses.

Menulis Satu Guest Blog untuk Satu Publikasi

Guest Posting merupakan metode pilihan yang paling ampuh untuk mengembangkan link otoritas tinggi. Seperti yang Neil Patel lakukan, dia berkontribusi untuk beberapa publikasi online terkemuka. Tujuannya adalah bukan untuk mendapatkan link, tetapi link ini terjadi secara alami dan dengan cara-cara lainnya.

Guest Posting nampaknya masih terlihat menakutkan bagi beberapa orang. Tetapi ketika anda sadar kekuatan dari hal tersebut, anda akan mendapatkan keuntungan dari Guest Posting itu sendiri.

Salah satu cara memulai guest posting adalah dengan bekerja keras menulis sebuah posting. Akan lebih baik jika anda sudah menerbitkan beberapa posting blog perusahaan atau blog pribadi.

Berikutnya adalah anda hanya perlu menjangkau publikasi dan meminta tempat untuk guest posting. Biasanya mereka akan meminta anda untuk menulis beberapa sampel menulis untuk melihat kemmapuan menulis dan keahlian subjek anda.

Pastikan untuk meneliti blog dan audiens yang spesifik sehingga anda dapat memberikan sampel yang relevan. Jika mereka meminta beberapa ‘pitches’, maka anda harus mengirim beberapa ide artikel dengan judul dan ringkasan.

Direkomendasikan untuk memulai dengan satu posting tamu pada satu publikasi. Mengapa? karena itu merupakan entry point yang mudah.

Ketika anda telah mencobanya sekali, dijamin anda akan ketagihan dan ingin mencobanya lagi. Banyak sekali publikasi-publikasi yang semangat dan menerima kontribusi dari posting tamu. Tetapi pastikan untuk lolos dari publikasi target yang ditentukan oleh para publikasi dan pastikan juga bahwa anda benar-benar ingin mendapatkan link dari mereka. Tidak semua publikasi layak.

Pada akhirnya, tujuan utama dari blogging adalah bukan untuk mendapatkan link. Sebuah link hanyalah bonus atau sampingan. Tujuan utama dari guest posting adalah untuk memberikan nilai pada pembacanya.

Buatlah Single Infograpic

Infograpic merupakan salah satu jenis konten visual. Menurut penelitian 80% orang mengingat apa yang mereka lihat dan hanya sekitar 50% yang mengingat apa yang mereka baca. Beberapa tahun lalu, memasang infograpic secara online dapat menjamin anda mendapatkan ratusan backlink. Mungkin infograpic tidak sepopuler dulu lagi. Namun mereka masih dapat digunakan untuk mengamankan link.

Proses menciptakan sebuah infografis yang kuat sangatlah mudah. Anda hanya membutuhkan sedikit desainer dan ide:

Kembangkan sudut unik untuk infograpic anda. Fokuskan pada penyediaan solusi, menjawab pertanyaan ataupun memberikan kontribusi data yang relevan dengan audiens anda.

  1. Buatlah infograpic yang mudah dibaca dan menarik secara visual.
  2. Buatlah kode embed untuk infograpic anda.
  3. Bagikan infograpic anda di media sosial.
  4. Kirimkan infograpic ke direktori infograpic

Seluruh proses ini dapat diselesaikan dalam waktu satu hari. Dan ketika anda sudah selesai, anda akan memiliki sepotong konten yang berharga dan akan mulai membawa backlink kepada anda. Untuk tata cara membuat konten infograpic yang menarik dapat dibaca disini.

Perbaiki Setidaknya Satu Broken Link Pada Situs Anda

Apa itu broken link? broken link adalah dimana ketika salah satu konten pada website anda diklik tetapi tidak ada isi halamannya atau not found!. Kemungkinan karena halaman ini telah anda pindahkan atau telah anda hapus.

Bagaimana cara untuk memperbaiki broken link ini?

  1. Anda dapat menggunakan tools applikasi seperti Domain Hunter Plus atau Broken Link Checker untuk mencari informasi.
  2. Pastikan anda masih menginginkan backlink. Jangan mencoba untuk memperbaiki backlink yang datang dari spam atau situs yang nichenya sudah off.
  3. Menemukan sebuah link pengganti. Pastikan link pengganti tersebut relevant.
  4. Kirimkan email kepada pemilik website dan menanyakan mereka untuk memperbaiki link tersebut.
  5. Broken link building bisa menjadi hal yang sulit dan memakan waktu, tetapi ini adalah metode yang aman dan dapat diandalkan untuk mendapatkan puluhan backlink yang segar ke website anda.

Kesimpulan

Banyak dari praktisi SEO yang telah mengabaikan link building, percaya bahwa seluruh upaya adalah korup. Membangun backlink merupakan suatu usaha yang harus dilakukan secara perlahan-lahan. Apabila anda melakukan sedikit kesalahan saja mungkin pembangunan backlink anda dapat dianggap spam oleh Google dan dianggap tidak sah di era 2017 ini.

Jika SEO situs web anda telah lama tenggelam dan tidak muncul di Google. Maka disarankan untuk mencoba teknik ini. Dapat dijamin bahwa anda akan melihat trafik segar yang masuk ke dalam website anda dalam beberapa minggu ini. Pastikan untuk melakukan seluruh cara di atas dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: Empat Faktor Penting yang Mempengaruhi SEO di Tahun 2017, Menurut Studi SEO

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s