6 Taktik SEO yang Dapat Membuat Website Anda Kena Penalti 2017

Setiap orang yang telah mahir di dunia SEO tahu bahwa anda memerlukan strategi yang benar-benar anda teliti, mulai dari mengoptimalkan On-Page SEO dan Off-Page SEO, konten yang menarik, situs web anda dapat bertahan lama di halaman 1 Google. Intinya adalah bahwa untuk masuk ke dalam top 10 dalam Google tidaklah sebegitu mudah.

Kita juga dapat melihat bahwa menggunakan White Hat SEO memerlukan waktu yang lama. Banyak dari praktisi SEO masih banyak yang kurang sabar dan memilih menggunakan jalan pintas untuk mengoptimasi SEO. Untuk alasan yang jelas bahwa tidak direkomendasikan untuk menggunakan taktik Black Hat SEO. Tetapi akan lebih menantang apabila anda mengkombinasikan White Hat dan Black Hat untuk mengoptimasi sehingga menjadi Grey Hat SEO.

Optimasi mesin pencari terus berkembang, dan beberapa dari teknik itu sudah dilarang. Mari kita simak apa saja 6 teknik untuk mengoptimasi On-Page SEO yang tidak disukai oleh Google dan dapat membuat website anda menjadi terkena penalti.

1. Keywords Stuffing

Para Digital Marketer menyadari pentingnya konten sebagai nilai pemasaran saat ini. Beberapa tahun yang lalu para Marketer dapat membuat banyak sekali konten yang tidak ada nilainya untuk membantu mendorong SEO ke peringkat atas hasil pencarian.

Keyword Stuffing atau susunan kata kunci adalah salah satu metode umum untuk konten karena prosesnya yang sangat sederhana:

  1. Meriset kata kunci yang ingin anda fokuskan
  2. Buat konten dengan fokus pada sebuah topik namun jangan terlalu mendalam
  3. Isi konten dengan pengulangan kata kunci dengan sering
  4. Pastikan meta-tags juga di isi dengan kata kunci

Kurang lebih adalah seperti ini:

Anda dapat melihat seperti contoh di atas beberapa frase kata kunci diulang dan diulang lagi. Sayangnya, Google Panda membuat taktik optimasi seperti itu menjadi usang atau tidak berguna lagi.

Google pada tahun 2017 menyukai konten yang memiliki arti dan otentik. Google dapat dengan mudah mendeteksi dan memberikan penalti terhadap situs yang memiliki konten yang sedikit, kualitasnya rendah, atau konten plagiat. Jadi para marketer harus menghindari pengulangan kata kunci seperti itu di tahun 2017.

Solusi:

Solusinya adalah dengan melihat apa yang pembaca inginkan. Kembangkan konten yang benar benar penting untuk audiens atau pemirsa yang anda targetkan. Kata kunci harus di nomor duakan dahulu di sini. Gunakan kata kunci utama anda sekitar 2 atau 3 kali dalam 500 kata dan termasuk kata kunci long tail keywords yang benar benar relevan untuk membantu crawler mengidentifikasi konten anda. UNtuk meningkatkan strategi marketing anda, pertimbangkan untuk menggunakan variasi kata kunci untuk konten yang anda targetkan.

2. Spam di Footer Links dan Tag

Setiap website atau situs pasti harus memiliki sebuah footer. Itu untuk membantu pengunjung untuk menavigasi beberapa bagian dari website dan menyediakan akses untuk informasi tambahan seperti info kontak dan lisensi hak cipta.

di bawah ini adalah contoh bagaimana pentingnya penggunaan footer:

Ini adalah salah satu contoh e-commerce PT. Sasando menggunakan footer untuk menampilkan alamat perusahaan dan info kontak lainnya. Terdapat juga beberapa menu lain seperti “layanan pelanggan” yang dapat membantu memudahkan visitor untuk melakukan transaksi dan sebagainya.

Lalu bagaimana dengan tampilan situs di bawah ini yang menggunakan ratusan link dan tags secara berulang seperti ini:

Tentu sangat aneh dan mengganggu bukan?
Tidak heran bahwa website mengandalkan links dan footer tag dihukum. Mereka terkena dua algoritma Google yaitu Update Algoritma Panda yang menargetkan struktur situs yang buruk dan Algoritma Penguin yang menandai situs yang terlibat memanipulasi tag. Hindari spam footer untuk mendapatkan posisi peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.

Solusi:

Ketika anda mengoptimasi sebuah website, usahakan website tersebut memiliki footer yang bagus dan bersih dari spam. Masukkan juga informasi penting seperti info kontak, alamat, syarat, tata cara pembelian, berlangganan dan masih banyak lagi. Tetapi jangan coba-coba melakukan spam di footer.

3. Cloaking

Teknik zaman SEO ini mempunyai kemampuan untuk menampilkan dua bagian terpisah dari konten pada halaman web tunggal. Teks pertama berfungsi untuk crawling, sedangkan yang kedua diperlihatkan kepada pembaca yang sebenarnya.

Apa yang dapat dicapai menggunakan Cloaking?

  1. Memanipulasi mesin pencari untuk menerima SERPs yang lebih tinggi.
  2. Memungkinkan halaman tertentu mendapatkan ranking yang tinggi, namun tetap dengan mudah dapat dibaca oleh para pembaca.
  3. Memberikan konten yang tidak terkait untuk contohnya anda mencari e-commerce teknologi tetapi yang keluar pada ujungnya adalah situs porno dan situs judi lainnya.

Cloaking merupakan Metode Black Hat SEO yang canggih. Untuk mendapatkan kekuatan aslinya, anda harus mampu mengidentifikasi spider mesin pencari dengan IP dan memberikan konten halaman yang berbeda untuk mereka. Ini juga memerlukan penyalahgunaan script server side tertentu dan kode tertentu.

Cloaking merupakan taktik yang ditandai sebagai “Black Hat” tahun lalu. Google tidak pernah menyatakan bahwa hal itu sah, tetapi tetap saja, hal ini masih dilakukan secara luas dan dikenal sebagai DeepWeb.

Solusi:

Hindari menggunakan cara Cloaking ini.

4. Internal Linking dengan Menggunakan Banyak Anchor Text

Internal linking bukan merupakan hal yang buruk. Idealnya ini digunakan untuk menghubungkan halaman web yang satu dengan halaman lain guna untuk membuat struktur website yang baik sehingga crawler pencari dapat mengindeks situs anda dari A sampai Z. Tetapi Marketer juga harus menggunakan cara yang benar dalam menghubungkan internal linking ini.

Ketika anda berulang kali menghubungkan halaman dalam situs anda dengan anchor text yang kaya akan kata kunci, ini akan menimbulkan peringatan dari Google. Bisa jadi anda dapat dipenalti karena melakukan hal tersebut.

Pengulangan Anchor Text yang seperti ini akan menyebabkan website anda terkena penalti oleh algoritma Google.

Solusi:

Google tetap menempatkan nilai sebagai yang pertama. Pastikan nilai konten anda membawa nilai nyata bagi penggunanya. Tempatkan link konten hanya apabila diperlukan dan link yang membuat pembaca anda merasa terbantu dan nyaman saat membaca artikel anda.

5. Halaman Khusus untuk Setiap Varian Kata Kunci (Keywords)

Untuk waktu yang lama, kata kunci memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan halaman peringkat situs anda. Meskipun penting, tetapi pada saat sekarang ini hal itu sudah menurun, tetapi bukan berarti tidak dapat digunakan lagi.

Sekarang ini, anda tidak dapat menargetkan beberapa variasi kata kunci untuk meningkatkan peringkat. Sebaiknya fokus pada:

1. Temukan kata kunci yang tepat.
2. Topik dan konteks
3. Maksud pengguna

Ingat, anda harus berhati-hati dan menghindari mengoptimalkan website anda secara over. Algoritma Google Panda, Hummingbird, dan Rank Brain selalu mencari situs yang melakukan penyalahgunaan kata kunci.

Mungkin pada beberapa tahun yang lalu saat anda akan menargetkan kata kunci “jual ikan hias” maka strategi anda adalah membuat halaman khusus untuk jenis-jenis ikan hias, daerah yang menjual ikan hias dan lain-lain dimana setiap variasi melibatkan kata “ikan hias”. Tetapi pada tahun 2017, hal ini akan membuat website anda terkena risiko penalti.

Solusi:

Untuk menghindari hal tersebut, jangan membuat halaman terpisah untuk setiap varian kata kuci tertentu. Aturan Google dalam menghitung SERP sudah berbubah secara signifikan. Manfaatkanlah kekuatan canggih dari algoritma mesin pencari dan Rank Brain, yaitu dengan membuat konten situs yang membawa nilai sebenarnya untuk pengguna.

Strategi terbaik adalah menciptakan konten visual dan struktural halaman dari produk atau jasa anda, posting dengan kualitas tinggi, optimasi konten SEO blog anda, dan bangun loyalitas media sosial platform.

6. Konten Swapping

Google ibarat telah menjadi pembangkit tenaga listrik lebih dari satu dekade. Mereka memperkerjakan ribuan orang dan menginvestasikan ribuan miliar dolar dalam penelitian dan pengembangan departemen mereka, tetapi mesin pencari masih juga tertinggal selama beberapa tahun.

Strategi SEO sebelumnya dapat dengan mudah mengelabui Google. Misalnya menggunakan konten swapping adalah salah satu cara untuk memanipulasi algoritma Google dan protokol pengindeksan.

Cara kerjanya adalah sebagai berikut:

1. Memposting sebuah konten di situs
2. Tunggu sampai Google Bot crawl dan indeks konten tersebut.
3. Pastikan bahwa situs itu ditampilkan dalam pencarian
4. Tutup halaman atau seluruh situs dari pengindeksan
5. Swap atau tukar konten

Ini akan menghasilkan halaman yang pada awalnya menampilkan sebuah artikel tentang pipa tembakau tetapi berakhir dengan konten yang bertukar pada obat-obatan terlarang atau zat yang dilarang.

Swapping konten selalu dilarang tapi Black Hat SEO profesional menggunakan teknik ini karena Google tidak cukup cepat untuk mengindeks situs.

Sekarang dengan perubahan penataan SEO, Google dapat dengan segera memotong peringkat pencarian situs yang tertutup dari pengindeksan. Ini adalah mengapa strategi konten swapping tidak layak digunakan lagi karena dapat terkena penalti.

Solusi:

Konten adalah raja. Jika anda ingin mencapai puncak mesin pencarian Google, prioritaskan membuat konten yang menyediakan informasi yang berguna sebanyak-banyaknya dan menambah nilai bagi pengunjung anda. Google sangat membenci situs yang memanipulasi konten. Jadi jangan gunakan konten swapping.

Kesimpulan:

On-Page SEO akan berubah dari zaman ke zaman. Google terus meluncurkan satu algoritma untuk update yang sebelumnya. Google terus mendorong para ahli SEO dan Digital Marketers untuk terus mencari peluang-peluang baru untuk meningkatkan peringkat situs mereka melalui pencarian organik.

Google terus berinovasi, pada zaman ini teknik optimasi On-Page tidak bisa lagi mengandalkan isian kata kunci, konten tipis, dan segudang Grey Hat SEO atau Black Hat SEO pada halaman-halaman tertentu.

Strategi SEO dari masa ke masa tidak dapat bertahan lama. Strategi SEO baru yang digunakan untuk mengelabui Google tidak bertahan lama. Cara yang benar sebagai seorang SEO Profesional adalah dengan mengisi konten dengan kata kunci dan menggunakan link berbayar. Masalahnya hanya satu yaitu tidak memberikan nilai yang berarti bagi pengunjung atau pelanggan.

Terlepas dari dimana ranking website anda berada sekarang, setiap perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari update strategi SEO terbaru ini. Kuncinya adalah untuk tidak menggunakan teknik SEO yang illegal dan menggunakan White Hat SEO pada masa kedepannya.

Advertisements

2 comments

  1. WAh..Akhirnya ketemu juga solusi yang dicari..Salah satu dari beberapa info kakak ada yag aku langgar ternyata..Makasih kak sharingnya..Bermanfaat sekali..Harus lebih hati-hati nih..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s