Super, Iklan Brand Menghasilkan Lebih Banyak Konversi dari yang Anda Bayangkan!

Search Marketing sangat menarik karena sangat efisien di era sekarang ini. Kita juga dapat mengukur Return of Investment (ROI) secara nyata.

Banyak Brand-Brand atau merek-merek besar yang terkenal menghabiskan milyaran duit untuk mengiklan di TV, radio, billboard, dan lain-lain. Sebenarnya apa yang mereka inginkan? Bukankah hanya menghabiskan uang saja kan?

Kalau memang hanya menghabiskan banyak uang secara percuma saja. Mengapa perusahaan-perusahaan besar menghabiskan begitu banyak uang dalam iklan-iklan ini setiap tahunnya? Apakah mereka tahu yang sementara kita tidak tahu?

Baiklah, mungkin yang mereka tau adalah para kustomer atau pelanggan yang belum pernah mendengarkan nama anda tidak akan mencari anda apabila mereka butuh produk atau jasa yang anda jual. Apabila mereka melakukan sebuah pencarian, banyak dari mereka tidak akan mengklik iklan berbayar atau list organik dari SEO. Kalau mereka tidak mengklik pada merek/brand anda, maka mereka tidak bisa membelinya dari anda.

Brand Engagement

Apa yang membuat mereka berhenti sampai di sana?

Ya sekali lagi, karena mereka tidak pernah mendengar merek/brand anda. Anda bukan lah sebuah kuda unicorn yang ajaib yang dicintai dan diketahui oleh semua orang. Anda hanyalah sebuah keledai yang membosankan dari ribuan link yang lainnya.

Pencarian Produk Memanen Permintaan yang Sudah Ada

Ada tiga (3) tipe jenis dari pencarian:

  1. Informasional: Tipe pencari seperti ini ingin mencari sebuah jawaban dari sebuah pertanyaan atau mempelajari sesuatu. Kita memikat pencari informasional lewat SEO, menciptakan inspirasi, kenangan, optimasi konten yang target pasar akan menemukan informasi tersebut atau yang mengedukasi (bukan promosi).
  2. Navigasional: Tipe pencari ini ingin mengetahui lokasi dari website spesifik seperti orang yang mencari “you tube”. Mereka telah mengetahui anda, mereka telah mengunjungi website anda sebelumnya, menyukai apa yang mereka lihat, dan ingin kembali mengunjungi website tersebut.
  3. Transaksional: Tipe pencari yang memiliki kemauan untuk membeli sesuatu. Di sini lah dimana Search Marketers hidup. SEO yang membuat konten untuk pengunjung yang menunjukkan keinginan untuk membeli dan Pay Per Click (PPC) Marketer yang menulis iklan dengan tawaran yang sangat menggoda untuk hot prospek ini.

Search marketing adalah mengenai bagaimana anda dapat memanen atau merebut permintaan pasar yang telah ada. Jangan salah bahwa sebagai seorang pemasar, kita melakukan hal-hal yang briliant untuk mencoba memanen permintaan pasar tersebut. Tetapi, pencarian tidak pernah menumbuhkan permintaan baru.

Apa yang benar-benar membuat pencari-pencari ini akan mengklik hasil organik atau iklan berbayar anda? Yang lebih penting lagi adalah bagaimana mereka melakukan lead dan penjualan ketika mereka tiba di halaman website anda?

Perubahan Kecil = Tingkat Konversi Sedikit Bertambah

Kuis: Ada satu cara untuk meningkatkan tingkat konversi di website anda secara tajam. Apakah:

  • Mengganti sebuah keyword (kata kunci) dari plural ke singular di landing page anda
  • Menambahkan sebuah gambar orang yang tersenyum dengan kuaitas tinggi
  • Mengurangi jumlah kolom dari formulir anda.
  • Tidak satupun di atas

Jika anda mengatakan “tidak satupun di atas” maka anda benar. Perubahan ini tidak akan meningkatkan konversi anda secara tajam. Perubahan On-Page kecil menghasilkan hasil yang kecil pula dalam tingkat konversi.

Mengubah elemen On-Page website seperti letak tombol suka atau warna, ukuran gambar, dan tulisan dapat meningkatkan sales/penjualan sekitar 5%. Dan itu sangat membantu.

Tetapi anda tidak dapat menggunakan A/B tes untuk melihat siapa yang menang dan siapa yang kalah. Mengorbankan tenaga adalah masalah yang besar. Tidak ada A/B tes yang dapat mengubah sebuah keledai menjadi sebuah unicorn.

Pemenang hanyalah pemenang untuk sekarang. Mereka cenderung menghilang dari waktu ke waktu setelah kebaruan mereda.

Masih banyak hal yang dapat anda lakukan diluar merubah hal-hal kecil dari on-page. Kenapa hanya puas dengan 5% ketika anda dapat membuatnya menjadi 5x lipat?

Apa yang Membuat Klik Menjadi Konversi?

Elemen On-Page seperti targeting, psikologi, dan ekstensi iklan memiliki peranan dalam proses konversi. Menurut Larry Kim dalam tulisannya cara on-page elemen dan beberapa taktik CRO tradisional tidak penting. Mereka penting.

Tetapi anda tidak dapat memprediksi yang mana yang menghasilkan konversi. Oleh sebab itu makanya anda menggunakan A/B test.

Prediksi terbesar untuk mengukur orang-orang akan membeli dari anda atau tidak apakah mereka pernah mendengar tentang anda sebelumnya. Proses ini seharusnya sudah berlangsung lama sebelum orang-orang telah siap untuk membeli dan mengklik hasil organik anda di Google atau iklan berbayar anda.

Melihat konversi adalah lingkaran kehidupan, bukan sebuah even tunggal. Sasaran yang berkualitas bahkan mereka telah tahu ingin membeli dari anda apa tidak!

Tingkatkan Brand/Merek Anda Sendiri

Jika anda ingin orang mendukung anda, maka bangunlah sebuah brand/merek.

Ketika orang-orang melakukan pencarian, mereka mengklik brand yang mereka kenal. Pada kenyataannya, sekitar 70% dari kustomer mengklik retailer yang mereka kenal, menurut Search Engine Land dan Penemuan SurveyMonkey.

TIngkatkan Brand Anda Sendiri

Jika anda membangun sebuah brand yang orang tahu dan sukai, orang-orang tersebut akan lebih suka untuk mengklik hasil organik Google anda atau dari iklan berbayar anda. Kata kunci yang tidak terkenal hanya seperti selingan saja atau bisa dibilang untung-untungan untuk di klik oleh customer.

Tingkat CTR (Click Through Rate) atau tingkat yang membuat para kustomer ingin mengklik iklan anda jelas berdampak pada tingkat konversi anda. Pada kenyataanya CTR adalah pengukuran konversi yang paling penting. Makin tinggi CTR maka, makin tinggi tingkat konversi.

CTR Tinggi Maka Tingkat Konversi Lebih Tinggi

Ini hanyalah sebuah contoh dari klien website WordStream.

Kenapa? Kita telah menemukan bahwa jika anda dapat menemukan seseorang yang suka atau ingin mengklik penawaran anda, maka tingkat kesukaan tersebut dapat membawa orang tersebut untuk mendaftar, melakukan proses checkout, atau memesan sesuatu dari tempat anda.

Bagaimana Melihat Hasil dari Pengiklanan Brand?

Nilai dari periklanan merupakan salah satu hal yang sangat sulit untuk diukur pada sejarahnya.

Jika anda menggunakan RLSA, anda dapat membagi orang berdasarkan daya tarik brand. Pengunjung yang datang kembali mengunjungi website anda bekerja seperti sebuah proxy untuk daya tarik brand dan mereka melakukan konversi 2-3 kali lebih tinggi dari yang mereka lakukan pada saat pertama berkunjung. Ini menarik bukan!

Pengiklanan Brand

Ketika saran datang untuk memprioritaskan sebuah aktivitas, kita harus melakukan sesuatu yang sedikit berbeda.

Perhatian untuk Search Marketers: jika anda ingin benar-benar melihat perbedaan dari tingkat konversi, anda lebih baik mematikan konversi segmen yang menampilkan pengunjung baru dan pengunjung yang telah berkunjung lebih dari sekali ke situs web anda.

Apa Artinya Semua Ini?

Melakukan branding seperti iklan tayangan dan iklan sosial dan juga iklan broadcast media seperti radio dan TV dapat membantu anda untuk mengubah klik-klik ini menjadi konversi.  Kustomer akan mulai meliirik iklan-iklan dan branding yang anda lakukan.

Dengan strategi iklan sosial yang pintar, anda dapat mempromosikan konten anda untuk target anda hanya dengan sedikit uang kecil. Mengirim orang-orang ke konten yang benar-benar mereka cari atau sukai daripada ke formulir pendaftaran. Tentu saja mereka tidak akan membeli dari anda sekarang, tetapi selanjutnya anda dapat melakukan strategi remarketing dalam iklan media sosial. Pada saat itu ketika anda menawarkan produk atau jasa, mereka akan berpikir 2 atau 3 kali untuk membelinya dari anda.

Untuk SEO, brand yang muncul dalam daftar pencarian organik Google lebih berhubungan dengan popularitas yang mereka cari. Jadi disarankan untuk lebih meluaskan topik dari konten anda untuk menumbuhkan popularitas dan lalu mulailah pencarian komersil dan konversi yang dapat mendukung anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s