Tips Menulis Konten SEO 2017

Di tahun 2017 ini, banyak hal yang berubah, termasuk perubahan SEO dari tahun ke tahun semakin ketat. Algoritma Google terus berkembang dan terus mengupdate Algoritma untuk mengecek website-website atau situs yang curang yang memanfaatkan kekurangan dari algoritma Google ini.

Kita tau bahwa di tahun 2017 ini, Google telah merancang algoritmanya untuk merazia konten-konten dalam situs yang isinya sedikit, kurang bermanfaat bagi orang lain ataupun konten yang hanya menargetkan beberapa kata kunci dengan anchor text yang berlebihan. Algoritma Google tahun 2017 ini tentu sangat tidak menyukai hal ini.

Jadi bagaimana agar konten-konten yang ditulis dapat menjadi lebih bermanfaat dan dapat mendatangkan banyak trafik ke situs kita? Mari simak beberapa penjelasan berikut.

Memprioritaskan Halaman Konten Tertentu

Mendapatkan trafik organik untuk situs web baru merupakan pekerjaan yang sangat penting. Tetapi bagaimana dengan situs yang telah berdiri selama beberapa tahun?

Tidak dapat dipungkiri bahwa situs lama dapat memperoleh peringkat kata kunci di halaman pertama dalam hasil pencarian. Kata kunci dan halaman berikutnya tentu harus menjadi prioritas utama anda.

Menurut ahli Joe Laratro, dia menyarankan bahwa mudah untuk menyenggol link eksternal sekitar 3-5 link dengan cara yang benar. Bagaimana cara anda mendapatkan link tersebut itu adalah sepenuhnya terserah pada anda. Link dari sumber yang berkualitas rendah mungkin tidak akan dipotong.

Mungkin anda dapat menggunakan Tools seperti SEMrush untuk melihat peringkat keywords atau kata kunc tertentu. Seperti yang diambil dari salah satu website:

Disarankan untuk menggunakan data ini untuk membuat sumber daya anda sendiri untuk melacak projek ini.

Setelah anda mengumpulkan sekitar 3-5 link untuk halaman tersebut. Aturlah pengingat untuk memeriksa peringkat halaman anda dalam hasil pencarian sekitar dua minggu kemudian. Ini harusnya sudah cukup untuk mencapai halaman pertama tetapi, tergantung pada tingkat persaingan di sana juga.

Memperbarui Konten Anda

Semakin sering anda memperbarui konten anda, maka makin sering situs anda di crawled oleh google. Ini tentu akan menambah kesempatan situs anda di ranking oleh Google. Mungkin pada awalnya Google belum datang dan menyatakan bahwa konten anda akan loncat ke halaman pertama, tapi banyak bukti hal itu terjadi karena konten yang terus diperbarui.

Mari kita pertimbangkan dari perspekfit Google. Hasil pencarian selalu mengikuti tren masa kini. Sebagai contoh, Google sekarang sering menampilkan tweets dan berita yang topikal kapanpun mereka berlaku

Apa artinya ini semua? Mungkin penjelasannya sangatlah simpel. Apabila anda tidak menawarkan informasi terbaru dan terlengkap, maka mungkin anda bukan merupakan sumber terbaik yang memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan. Termasuk dalam data yang akan di ranking oleh Google.

Tentunya juga ini tidak berlaku untuk semua konten. Seperti apabila anda mencari hal seperti “undang-undang dasar 1945” maka anda pasti akan melihat hasil pencarian yang sama lagi dan lagi. Informasi dasar seperti itu tidak berubah terlalu sering dari waktu ke waktu.

Dalam mengobservasi tren, ada beberapa bukti empiris yang disarankan untuk konten yang dapat membantu SEO yaitu “kesegaran konten”. Sumber ini berasal dari tulisan resmi Google dalam Google Blog nya.

Dalam postingan original Google pada tahun 2011 dalam hal indeks pencarian Kafein Google, ditemukan bahwa pencarian yang berbeda memiliki kebutuhan kesegaran yang berbeda pula. Peningkatan Algoritmik ini dirancang untuk lebih memahami bagaimana membedakan antara jenis-jenis pencarian dan tingkat kesegaran yang anda butuhkan. Dan juga untuk memastikan anda mendapat jawabannya dalam hanya beberapa menit.

Cyrus Shepard mengilustrasikan beberapa contoh bagaimana untuk menyegarkan konten anda yang dapat mempengaruhi peringkat Google anda. Beberapa ini adalah tipsnya:

  • Konten baru menerima skor kesegaran yang menyeluruh dari waktu ke waktu
  • Jumlah konten yang segar dalam posting
  • Perubahan kata kunci area konten adalah yang paling signifikan

Sementara beberapa halaman dalam situs anda berdiri untuk mendapatkan keuntungan lebih dari yang lain, menyegarkan konten anda membantunya terus untuk mengumpulkan jaring laba-laba dan memberikan keunggulan dalam pencarian organik.

Ambil Ahli Dalam Hal Indeks

“Apabila anda ingin memenangkan lotere, maka anda harus membeli tiketnya dulu”

Ini adalah kutipan dari Eric Enge dari Twitter yang mencerminkan filosofi pribadinya dalam mengindeks isi website. DIambil terpisah yang artinya menjelaskan masalah dari setiap halaman.

Mungkin ini adalah pandangan ekstrim, tetapi para webmaster seharusnya menggunakannya. Berapa banyak situs website yang masih belum menggunakan Search Console? Banyak bisnis yang belum menggunakan indeks situs untuk bisnis mereka sendiri.

Apakah ini adalah ketidaktahuan atau sesuatu yang berbeda. Konsekuensinya adalah sama: Optimasi akan sangat sulit. Apabila mengabaikan sisi teknis website anda berarti anda mengabaikan pemeliharaan rutin pada mobil anda. Mengganti oli mobil anda secara teratur itu diperlukan.

Langkah pertama untuk mengambil kendali dimulai dengan memanfaatkan kekuatan penuh dari Google Search Console. Search Console memberikan banyak manfaat untuk anda diantaranya yaitu:

  • Memverivikasi bahwa Google dapat mengakses halaman anda
  • Menginstruksi Google halaman mana yang ingin anda crawl atau tidak
  • Memastikan kesehatan total dari halaman anda atau memeriksa kesalahan crawl

Pastikan untuk membaca panduan Google untuk pengelolaan website anda dengan Search Console untuk informasi lebih lanjut.

Konten Masih Menjadi Masalah

Mengapa konten banyak disebut-sebut oleh Digital Marketers sebagai otoritas yang berdaulat dalam SEO? Saya pribadi percaya bahwa SEO lebih mirip ke pemasaran dalam konten dalam beberapa tahun terakhir ini. Diikuti oleh diterbitkannya konten yang berkualitas rendah, ini sama dengan menempatkan terlalu banyak penekanan dalam satu aspek SEO. dan visi tunel seperti ini tidak membantu.

Dasar dari penulisan konten adalah menciptakan isi yang menarik dan informatif yang dapat dibaca dan dimengerti oleh semua orang. Dan konten inilah yang berada di peringkat atas pencarian Google. Masalahnya bahwa tidak semua orang mampu mengaduk-aduk New York Times Best Seller dan Google juga tentunya tidak berharap demikian.

Baiklah, konten mungkin tidak cukup menjadi raja tetapi masih banyak hal-hal penting yang perlu diperhatikan. Jika anda menghargai kinerja organik, maka berikut adalah beberapa aturan emas yang perlu anda ingat:

Konten harus ditulis berdasarkan permintaan pengguna
Halaman konten harus sekitar 800-1000 kata
Jangan ragu untuk link konten keluar ke halaman yang relevan, itu justru akan membantu anda menerima link timbal-balik (reciprocal links)
Buatlah Mobile-Friendly

Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut? Pelajarilah cara mengoptimalkan konten anda untuk SEO dengan cara yang benar dan jadikan kebiasaan rutin.

Kesimpulan

Konten tidak sepenuhnya dapat mengobati segala keluhan dari Search Engine Marketing. Itu hanya sebuah roda penggerak dalam mesin yang lebih besar yang membantu memutar roda. Kesimpulannya adalah banyak jalan untuk sukses di ranah SEO. Variasikanlah strategi SEO anda maka anda akan menemukan sebuah jalan sukses dalam SEO!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s