Cara Efektif Untuk Meningkatkan Fanspage Facebook Anda 2017

Pada Oktober 2016, sekitar 60 juta bisnis memiliki halaman Facebook Page, Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda mempunyai halaman facebook untuk bisnis anda di tahun 2017 sekarang?

Facebook memiliki kurang lebih 1 milyar pengguna aktif perbulannya. Anda dapat dengan cepat memperkenalkan produk atau jasa untuk pelanggan atau calon pelanggan yang sedang mencari jasa atau produk yang anda jual. Pembuatan Facebook Page gratis. Anda dapat memilih untuk menggunakan paid advertising atau iklan berbayar dari facebook, yang dapat anda targetkan secara demographis pada pelanggan ideal anda.

Facebook menyediakan lebih dari sebuah penelusuran. Bisnis dalam facebook dapat dengan mudah mempelajari dari sisi pelanggan maupun dari permintaan pasar. Banyak yang masih bingung mengenai perbedaan antara “Like” dan “Follow”. Bagaimana caranya untuk mendapatkan banyak halaman disukai dan juga halaman follow?.

Ketika seseorang menyukai halaman Facebook anda, mereka juga akan otomatis menfollow atau mengikuti halaman Facebook anda, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka akan selalu melihat apa yang anda posting atau terbitkan dalam halaman anda. Dibawah opsi follow terdapat 2 opsi tambahan yaitu: Default atau See First; yang berarti melihat postingan anda secara standar atau mereka memilih akan selalu menampilkan postingan anda pada saat anda memposting atau share sesuatu dalam halaman Facebook anda.

Anda tentunya tidak ingin bahwa calon pelanggan anda hanya menyukai halaman Facebook anda saja bukan? Cara yang paling gampang adalah dengan menanyakan dulu pada calon pelanggan anda, apa yang mereka inginkan, tawarkan alasan yang berguna mengapa mereka harus melihat postingan halaman Facebook anda yang tidak dapat mereka temukan di halaman Facebook lainnya.

Kita harus mempunyai strategi bagaimana untuk mendapatkan “like” di halaman anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk menaikkan fanspage Facebook anda.

Konten yang Menarik

Tidak dapat dipungkuri bahwa untuk sukses dalam kampanye digital marketing adalah dimulai dari konten yang menarik. Konten yang dapat membuat orang ingin terus dan terus membaca konten tersebut. Dimulai dari blog posting dalam sebuah situs, newsletter, kualitas dan relevansi konten , semua itu sangat diperlukan terus menerus untuk menopang kesuksesan dari sebuah konten.

Sama juga halnya dengan Facebook. Pastikan semua postingan anda memiliki nilai yang diperlukan oleh calon pelanggan anda daripada anda hanya fokus pada iklan untuk menjual barang anda. Anda dapat menawarkan barang atau jasa kepada calon pelanggan anda apabila mereka telah mengenal anda dengan baik layaknya seperti seoarang teman terkait dengan posting saya sebelumnya Iklan Brand Menghasilkan Lebih Banyak Konversi dari yang Anda Bayangkan!. Pastikan juga untuk memasukkan sebuah gambar pada setiap postingan di halaman Facebook anda. Seperti yang dikatakan oleh Buzzsumo Postingan lebih menarik 2 sampai 3 kali ketika sebuah gambar dimasukkan.

Apabila setiap orang yang membaca konten postingan di halaman Facebook anda dan membagikannya dalam Facebook pribadi mereka. Bayangkan berapa banyak “Like” yang akan anda dapatkan!. Standar dari sebuah posting harusnya mengandung 20%  unsur promosi dan 80% unsur non promosi.

Live Video

Pada musim panas kemarin, Facebook mengatakan bahwa pengguna Facebook menghabiskan waktu 3x lebih banyak menonton live video dibandingkan video tradisional. Mungkin kita dapat melihat dalam Facebook kita banyak sekali artis-artis terkenal yang melakukan live video di Facebook. Ternyata kita juga dapat menggunakannya untuk bisnis kita dengan memperkenalkan produk, acara, event dan lainnya dengan menggunakan brand bisnis kita sendiri.

Dengan menggunakan live video kita juga dapat langsung berinteraksi dengan pelanggan atau calon pelanggan kita dengan mengajukan sesi “Question & Answer” setelah itu dapat dilanjutkan dengan sesi pembagian hadiah dan lain-lain. Hal ini tentu dapat membantu kita memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggan atau calon pelanggan kita.

Posting Secara Rutin

Posting harian secara rutin dapat membantu untuk mendapatkan pembaca yang loyal yang akan mengikuti postingan halaman Facebook anda. Sebagai contoh saya mengambil postingan mengenai kesehatan makanan yang dilakukan setiap hari pada pukul 15:00 sore. Maka anda harus melakukan rutinitas itu dengan memposting mengenai artikel kesehatan makanan setiap harinya pada pukul 3 sore.

Pastinya ada pengikut halaman Facebook anda yang akan membukanya setiap hari pada jam 3 sore mengenai artikel anda. Sisanya tergantung pada usaha anda agar pelanggan anda akan terus membaca dan membuka apa yang anda posting.

Ini jelas akan menumbuhkan rasa kepercayaan brand halaman Facebook anda. Yang dikemudian hari akan membantu anda untuk mendapatkan konversi dari hal tersebut.

Promosikan Halaman di Channel Sosial Media Lainnya

Untuk memaksimalkan halaman Facebook anda, maka diperlukan untuk mempromosikannya di channel-channel sosial media lainnya seperti Instagram, Linked-In, Snapchat, Twitter, Pinterest, dan lainnya. Anda dapat mengatur misalnya 3 hari sekali untuk mempromosikan halaman Facebook anda dalam sosial media lainnya atau 1 minggu sekali. Hal ini dapat membantu branding untuk bisnis anda.

Membuat Kontes

Siapa yang tidak suka dengan yang satu ini. Banyak pelanggan yang menyukainya karena banyaknya keuntungan seperti mendapatkan sesuatu dengan cuma-cuma alias free atau setidaknya mendapatkan diskon produk atau jasa tertentu dalam halaman Facebook anda. Jadilah kreatif dengan membuat beberapa kontes setiap bulannya. Pastikan bahwa isinya berhubungan sehingga dapat membuat pelanggan anda membagikan halaman Facebook anda ke teman-temannya.

Keterlibatan: Interaksi Adalah Prioritas

Dari 60 juta bisnis di Facebook, hanya 13% yang berinteraksi dengan para calon pelanggan atau pelanggannya dalam halaman Facebook. Padahal hal inilah yang akan membuat penjualan, share dan like baru.

Apabila anda kustomer yang menanyakan tentang halaman anda, produk, jasa dan lainnya. Usahakan anda harus memberikan tanggapan kepada mereka dengan tutur kata yang baik. Hal ini akan menciptakan brand anda dikenal dengan pelayanan yang cepat dan memuaskan pastinya.

Iklan Berbayar Facebook

Jika anda ingin secara cepat membangun like halaman Facebook anda, maka iklan berbayar adalah wajib. Facebook membuat penggunanya sangat mudah untuk membuat iklan dan memberikan izin untuk menargetkan demographis sesuai dengan keinginan kliennya.

Buatlah isi konten yang menarik, mengapa para target audiens harus menyukai halaman anda. Pastikan iklan berbentuk simpel dan tidak berbelit-belit agar enak untuk dibaca.

Berinteraksi dengan Bisnis Lain yang Serupa

Dengan menambahkan komentar positif dan bernilai terhadap bisnis lain yang serupa dapat menarik perhatian audiens. Pastikan untuk posting sebagai halaman Facebook anda bukan halaman personal.

Mereferensikan Halaman Facebook di Postingan Blog

Buatlah sebuah banner kecil yang mengarah ke arah halaman Facebook anda dengan tulisan seperti “Like Us” atau sejenisnya dapat membantu untuk mendapatkan “Like” baru dalam halaman Facebook anda.

Tawarkan Diskon atau Free untuk Facebook Likes Baru

Apabila ada pengguna baru yang menyukai halaman Facebook anda. Tawarkan diskon untuk jasa atau produk tertentu kepada mereka. Cara ini sangat efektif untuk mendapatkan banyak “Like” baru.

Buatlah sedemikian menarik seperti setelah menyukai halaman anda & membantu membagikannya kepada 10 orang akan mendapatkan free produk tertentu. Hal ini tentunya akan sangat menggoda calon pelanggan anda.

Kesimpulan

Untuk semua tipe bisnis kecil, menengah ataupun besar, saat ini mempunyai sebuah halaman Facebook adalah wajib. Makin banyak yang menyukai halaman Facebook anda, maka semakin bagus juga sinyal sosial yang mengarah ke bisnis anda.

Semakin kuat sinyal sosial anda, maka semakin kuat juga brand anda. Tips diatas nampaknya seperti cara untuk membangun halaman Facebook anda, tetapi pada intinya adalah untuk membangun brand anda dan menjadi pemimpin dalam kompetisi bisnis yang sedang anda jalankan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s